PSSI- Hanya Arema FC dan Persib Bandung yang Lolos Verifikasi Klub Profesional

PSSI: Hanya Arema FC dan Persib Bandung yang Lolos Verifikasi Klub Profesional

PSSI- Hanya Arema FC dan Persib Bandung yang Lolos Verifikasi Klub Profesional

Berita Bola Online – PSSI selaku otoritas sepakbola tertinggi Indonesia baru saja melangsungkan Sidang Komite Lisensi pada Kamis (26/10) pagi, di mana pada akhirnya hanya ada dua tim yang lolos verifikasi klub profesional standar AFC, yakni Arema FC dan Persib Bandung. Sementara tiga klub, yakni Madura United, Bali United, dan Persija Jakarta masih harus melengkapi beberapa dokumen yang diperlukan untuk bisa dinyatakan lolos verifikasi.

Sebagai informasi, lisensi klub profesional standar AFC sangat dibutuhkan sebagai salah satu syarat agar bisa berpartisipasi di kompetisi level Asia seperti Liga Champions Asia atau Piala AFC. Sementara PSSI sendiri telah melakukan verifikasi sejak April 2017, karena batas waktu pendaftaran klub untuk turnamen yang digelar AFC tahun depan akan berakhir pada 22 November 2017 mendatang.

Baca Juga:

“Komite Lisensi Klub PSSI akhirnya telah menyelesaikan proses verifikasi. Bagi klub-klub yang dinyatakan tidak lolos dalam verifikasi kali ini, akan kami beri kesempatan untuk mengajukan banding maksimal dalam dua hari ke depan,” kata Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria.

Setelah semua permintaan banding dari klub-klub Indonesia masuk, Komite Lisensi Klub PSSI akan kembali menyampaikan hasil keputusan finalnya pada 31 Oktober 2017. Untuk memenuhi lisensi klub profesional standar AFC, klub harus memenuhi 5 aspek, diantaranya adalah legalitas, sumber daya manusia, infrastruktur, finansial dan administrasi, serta pembinaan usia dini.