lebih-dari-satu-dekade-italia-tak-kalah-dalam-53-laga-kualifikasi-wzt

Lebih dari Satu Dekade, Italia Tak Kalah dalam 53 Laga Kualifikasi

Lebih dari Satu Dekade, Italia Tak Kalah dalam 53 Laga Kualifikasi

lebih-dari-satu-dekade-italia-tak-kalah-dalam-53-laga-kualifikasi-wzt

Agen Bola Online – Tim nasional Italia memenangi laga dramatis saat dijamu Makedonia di Philip II Arena, Skopje, Senin (10/10/2016) dini hari WIB. Sempat tertinggal, Pasukan Giampiero Ventura akhirnya berbalik unggul 3-2 pada penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa.

Gli Azzurri membuka gol lewat Andrea Belotti pada menit ke-24. Namun, Makedonia membalas dua gol di babak kedua melalui Ilija Nestorovski (57) dan Ferhan Hasani (59). Ciro Immobile menjadi aktor protagonis setelah membuat dua gol balasan pada menit ke-75 dan 90. (Baca juga: Ciro Immobile Selamatkan Italia dari Kekalahan).

Dengan demikian, Italia mencatat dua kali menang dan sekali imbang pada tiga laga pembuka Grup G Piala Dunia 2018. Sukses itu sekaligus membuat Italia mencatatkan rekor tak terkalahkan dalam 53 laga kualifikasi di Piala Dunia dan Piala Eropa, selama lebih dari satu dekade.

Terakhir kali Italia kalah di kualifikasi adalah pada Kualifikasi Piala Eropa 2008. Italia menyerah 1-3 dari Prancis di Stade de France pada penyishan Grup B. Dua gol Sidney Govou dan Thierry Henry cukup membalaskan dendam kekalahan Prancis di final Piala Dunia 2006 beberapa bulan sebelumnya.

Setelah itu, Roberto Donadoni menggantikan Marcello Lippi sebagai pelatih Gli Azzurri dan mantan gelandang AC Milan itu meloloskan Italia ke putaran final Piala Eropa 2008 dengan torehan sembilan kemenangan dan dua kali seri dalam 11 pertandingan kualifikasi Grup B, sekaligus memuncaki klasemen.

Baca Juga : ‘Sejak Saat Itu, Saya Selalu Senang Berpose Topless’

Berikutnya, Lippi kembali mengambil alih Italia, namun tidak sesukses yang pertama. Pada putaran final, Italia gagal lolos dari penyisihan grup Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan (Afsel). Meski demikian, pada kualifikasi menuju Afsel, Italia memetik tujuh kemenangan dan tiga kali imbang.

Cesare Prandelli melanjutkan tradisi bagus di kualifikasi dengan delapan kemenangan dan dua kali seri dalam perjalanan ke Piala Eropa 2012, di mana Italia melaju ke final dan dikalahkan Spanyol 0-4. Setelah itu, diikuti oleh enam kemenangan dan empat seri dalam perjalanan ke Piala Dunia 2014 di Brasil.

Kemudian datang Antonio Conte, dan Italia memetik hasil tujuh kemenangan dan tiga kali seri di babak kualifikasi menuju putaran final Piala Eropa 2016 di Prancis. Conte digantikan Giampiero Ventura yang sejauh ini sudah memetik dua kemenangan dan sekali imbang pada tiga laga pembuka Kualifikasi Grup G Piala Dunia 2018.

Fakta kunci jejak Italia di laga kualifikasi
Terakhir kali kalah di kualifikasi: 1-3 vs Prancis, 6 September 2006
Kualifikasi Piala Eropa 2008: menang-9, imbang-1
Kualifikasi Piala Dunia 2010: menang-7, imbang-3
Kualifikasi Piala Eropa 2012: menang-8, imbang-2
Kualifikasi Piala Dunia 2014: menang-6, imbang-4
Kualifikasi Piala Eropa 2016: menang-7, imbang-3
Kualifikasi Piala Dunia 2018: menang-2, imbang-1
Kualifikasi 53 laga terakhir: menang-39,imbang-14
————-